SENI RELIGI AIRLANGGA

Minggu, 10 Januari 2016

Sejarah Berdirinya SERBAN

SERBAN

Serban merupakan singkatan dari Seni Rebana. Nama serban diusulkan oleh Aba Abdul Aziz mahasiswan FKP UNAIR angkatan 2010. Beliau merupakan mantan ketua pesantrean mahasiwa baitu hikmah 2013 Surabaya.

Sejarah SerBan sendiri awalnya hanya sebuah komunitas seni banjari di FIB Unair yang didirikan oleh empat mahasiwa sekitar awal tahun 2014, Dani Firmansyah (sejarah  2011), Laila (sejarah 2011), Sandi (sasindo 2012) dan Wariadi (sejarah 2012).

Seiring berjalanya waktu, komunitas banjari di FIB ketika latihan dihadiri tidak hanya dari mahasiwa FIB sendiri. Ada mahasiwa dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu social dan poliik, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Karena semakin banyaknya anggota dan semakin lengkapnya mahasiswa dari masing-masing kampus UNAIR, mulai dari kampus A, B dan C, maka komunitas ini sepakat untuk menjadikan komunitas banjari se-Unair yang diketuai oleh Sandi (FIB 12) agar nantinya menjadi UKM Banjari di Universitas Airlangga. Dari kesepakatan ini terbentuklah TIM Banjari UNAIR yakni UNAIR SH Salala yang kemudian menjadi Delegasi untuk mengikuti Festival Banjari Se-Jatim di  Masjid At Taqwa Penjaringan Sari Rungkut, Surabaya tanggal 25 Oktober 2014.
Pada tanggal 17 Desember 2014 dilaksanakan Musyawarah Besar Pertama yang bertempat di Aula Akhwat Masjid Nuruzzaman Universitas Airlangga yang juga dihadiri oleh Perwakilan Tim Al Iqtishod Ekis FEB UNAIR. Dan muncul beberapa kesepakatan diantaranya Nama Komunitas Banjari di UNAIR berubah menjadi SeRban (Seni Rebana) UNAIR.

Sejak saat itu SeRban mulai mengadakan kegiatan Sholawatan di Masjid Nuruzzaman dan mengikuti Festival-festival Banjari di beberapa kota, salah satunya di Kota Gresik. Dan Pernah Juara 3 di Festival Banjari Tingkat Mahasiswa Se Jatim di ITS, yang diadakan oleh UKM Cinta Rebana ITS dalam rangka Diesnatalies  ITS yang ke 55.

Ustmanul Fatih (Sastra Indonesia 2014)

Informan : Sandi Rais Sandjaya

Sumber :       
AD/ART SeRban 2014

Bukti Tertulis : Sertifikat Penghargaan Festival Banjari di Masjid At Taqwa Penjaringan Sari Rungkut, Surabaya tanggal 25 Oktober 2014.
Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates